Web hosting dan domain gratis untuk website di IdeBagus

IKHLAS BERKARYA SUNGGUH MENGASYIKAN

Menjalani kehidupan berkarya dibidang pertelekomunikasian memang tergantung bagaimana kita menikmati dan mensikapinya, bagi saya asyik – asyik saja dan bersyukur telah diberi ruang dan tempat di dunia telekomunikasi.

Ternyata dunia telekomunikasi memang sangat luas dan sangat menarik untuk saya pribadi, dimulai hoby ngoprek peralatan telekomunikasi pada sekitar tahun 80an sampai pada akhirnya saya dipercaya menjadi karyawan di salah satu perusahaan telekomunikasi milik BUMN di Indonesia pada Mei 1987, woow keren . . . , bangga, bahagia dan sebagainya.

Tentu sangatlah tidak mudah seseorang untuk bisa mendapatkan tempat pada komunitas telekomunikasi ini, apalagi pada saat itu persaingan antar personal untuk mendapatkan tempat berkarya sangat banyak.

Berkarya ??? . . . Yah, apa yang harus saya karyakan?
Mulai dari menyiapkan diri merubah pola pikir, belejar terus belajar sampai menggali potensi apa yang ada pada diri saya yang tentu berkaitan dengan hoby pertelekomunikasian itu yang bisa dikembangkan pada diri saya.
Tanpa lelah belajar dan bekerja yang ini sungguh luar biasa pengaruhnya terhadap diri, yang mana menjadi kekuatan sangat besar untuk mendorong terus berkarya tanpa lesu, lelah dan banyak mengeluh.
Berbicara mengenai keluhan, yang saya sadari dan saya alami bahwa pada setiap keluhan ternyata menghabiskan power yang sangat besar sehingga jelas energipun banyak yang terbuang dan akhirnya lelah, lemas. Kalau itu yang terjadi maka bahaya, berkarya tidak akan sukses, meskipun pengertian sukses berbeda – beda menurut setiap orang. Tapi menurut saya orang sukses itu adalah orang yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, itu orang sukses.
Saya selalu ingin berusaha kesana karena saat ini saya belum banyak bermanfaat bagi diri saya pribadi dan orang lain terutama keluarga, yah harapan sebagai manusia tentu selalu menginginkan lebih. Tetapi paling tidak sampai sat ini saya dapat menikmati hidup dan menikmati karya saya sendiri khususnya pada tempat saya bertugas di dunia telekomunikasi, sambil terus berjuang, belajar, berusaha untuk berkarya.

Tanpa terasa perjalanan yang sangat panjang ditempat saya dipercaya berkarya untuk menjadi praktisi di bidang telekomunikasi ini sudah 21 tahun lebih.
Ilmu pengetahuan dibidang telekomunikasi pun yang di dapat sangatlah banyak karena teknologi telekomunikasi bergerak terus terjadi refolusi. Dikala ekonomi Indonesia sedang krisis, teknologi telekomunikasi masih tetap tegar dan malah lebih tangguh dan semakin canggih.
Sehingga saya pun diberi kesempatan untuk menimba ilmu dari negeri orang, sehingga disamping ilmu pengetahuan yang saya dapatkan sayapun dapat mengunjungi ke beberapa negara di Eropa maupun Asia. Terimakasih ya Allah dan perusahaan ku dimana saya dapat dipercaya berkarya disana dengan segala kemampuan dan kekurangan yang saya miliki.
Semoga perusahaan ini tetap berdiri kokoh dan tegar dan memberikan manfaat serta maslahat pada banyak orang.

Asyik, nikmat rasanya tatkala kita ikhlas melakukan suatu tugas dan mengikhlaskan diri untuk berbuat kebaikan karena Allah dan alam pun telah dan sedang mencintai dan berbuat baik kepada kita.

Wasalam :
Hansipudin

KOMPETENSI DASAR MANAJEMEN

A. What is Management?

Pengertian Manajemen dari beberapa ahli:

ü Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)

ü Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)

ü Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)

Fungsi-fungsi Manajemen:

1. Fungsi Perencanaan

proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Kegiatan fungsi ini meliputi:

Ø Menetapkan tujuan dan target bisnis

Ø Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut

Ø Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan

Ø Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis

2 Fungsi Pengorganisasian

proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi. Adapun kegiatan fungsi pengorganisasian meliputi:

Ø Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan

Ø Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab

Ø Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja

Ø Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

3. Fungsi Pengarahan

proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Fungsi ini meliputi kegiatan:

Ø Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan

Ø Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan

Ø Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

4. Fungsi Pengawasan dan Pengendalian

proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Adapun kegiatan ini antara lain:

Ø Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan

Ø Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan

Ø Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

Perbedaan pandangan dalam Fungsi-fungsi Manajemen oleh beberapa ahli:


Beberapa fungsi operasional atau bidang dalam manajemen:

1. Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah

2. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan

3. Manajemen Operasi/Produksi
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi

4. Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan

5. Manajemen Informasi
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat

B. Keahlian-keahlian Manajemen (Managerial Skills)
- Keahlian teknis (Technical skills)
- Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarkat (Human Relation skills)
- Keahlian Konseptual (Conceptual skills)
- Keahlian dalam Pengambilan Keputusan (Decision Making-Skills)
- Keahlian dalam Mengelola Waktu (Time Management Skills)
Selain keahlian tersebut juga ditambah 2 keahlian tambahan, yaitu:
- Keahlian dalam Manajemen Global (Global Management Skills)
- Keahlian dalam hal teknologi (Technological Skills)
TIngkatan-tingkatan manajemen:


4 Steps to Business Survival


The answer is to innovate! Pure and simple. People are still buying products and services and if you can make your offer standout you will get business. You can innovate on quality or cost or a host of other factors to appeal to any specific target market. Just follow these 4 steps:

1 Study your target market, their behaviours, attitudes, like dislikes etc ask questions!

2 Decide how you can match one or more of their wants or needs

3 Test Market it to them

4 Return to step 1 and REFINE

You need to constantly refine your offering because customers now have the whip hand. They aren't begging for your product or service as they were during the boom!
You need to convince them to buy your offering from a host of "me to" offerings. The only way to do that is to match your customers needs. So in practice you don't talk about the features of your product or service, you talk about the benefits that the customer receives. Specifically you try to find a single point that you are better than the opposition at and you own that point. Perhaps your widget is smaller or bigger or prettier or plainer than the other guys, so that is the point you make.

Then rather than competing with everybody else's widget you start to split yourself away from the pack. So the people who start to call you are people who really care about (for example) small widgets! Then you have a real advantage!

Naturally you find the killer angle first time so you need to experiment! Which is why we recommend a 4 step process, which involves a lot of testing.


About the Author:

Mike Spratt
http://www.rapidbusinessgrowth.ie



marketing management - Google News

Tuesday, November 18, 2008

Effective Methods of Book Promotion

Apart from writer's block, one of the most frustrating things about writing a book can be the trouble that you have to go through to get it noticed. In the fluid modern market, even authors of top selling novels have to do a bit of personal publicity. Considering the vast expanse of available titles, it is imperative to give your book every opportunity to be noticed. Here are a few handy tips on how to promote the sales of your title:

Book signings

The first point to take of when it comes to book signings, is that the purpose of a signing session is not to sell your book - it is to sell yourself! A book signing creates the ideal platform for the promotion of your book as the 'book store' environment is crawling with people who love to read i.e. potential customers.

Depending on your target market

, book genre and your personal attitude toward the signing - you could expect to make anywhere from 5 to 100 sales per signing. However, as with every idea of product promotion, you will only get out what you put in.

Here are a few quick tips on preparing for a book signing :

  • Promote yourself to everyone that you know

  • Make an effort to invite everyone that you know to your signing. Also, feel free to tell your friends and family to invite everyone that they know. Essentially all that you are trying to do is guarantee a good attendance, so make every effort to get the word out about your signing!

  • Don't do it on your own

  • Try to arrange a book signing with other writers. Believe it or not, the book industry is not always about competition. By having a group book signing, you will feel more at ease and have the benefit of learning from more experienced writers i.e. learn the best way to interact with readers, find out how you can prepare yourself personally for the event and maybe even how to professionally handle 'groupies'.

  • Dress appropriately

  • Essentially, you need to look good, while still being comfortable. The best way to go is 'causal business' attire.

  • Smile

  • Be as friendly as you can possibly be - greet people, wave and most importantly, smile!

Just remember: a book signing gives you the opportunity to have a bit of fun with your readers, so go ahead and enjoy every minute of the lime light.

Public Talks and Interviews

One of the best ways to gain local publicity for your book, is attaining public exposure amongst your potential target market. While it may sound rather 'old school', public talks and radio interviews are highly effective vehicles for publicity - radio itself is one of the most widely used media sources in most first and third world countries. If you are working with an agent, you should definitely try to get a word in about either of these mediums.

If you are handling your own publicity, you should make an active effort to hunt down any interview opportunity. Approach websites like Barnes & Noble Explorations, John Scalzi's By the Way blog, and Suite101.com

This is an example of a good public speaking idea:

If you find that your book targets children, why not go to its source? It has been noted that schools are the best location to do a reading and give a talk. Firstly, you are guaranteed an audience and secondly, children are highly opinionated and that will give you an accurate reflection of your target market's interpretation of and comments on your book.

When it comes to public talks and readings, your priority should be the location of your target market.

Online Book Promotion

Online promoting is probably the most powerful marketing tool available to you. Any successful book must make use of online media to boost sales. Here are a few tips for effective online book promotion:

  • Start a blog well before the release of your book and begin consciously trying to write about topics that will hopefully garner you an audience.

  • Make use of your current social media sites i.e. MySpace and Facebook, and seek friends with interests in the genre of your book.

  • Create a personalised webpage for your new book - maybe dedicate an entire lens on Squidoo to it and use that page to display your book's events info, reviews etc.

If taking on the pressure of marketing your book personally, is something you could do without, it may be a good idea for you to make use of an online service. International promotional companies offer various marketing packages. You could pay anywhere between $10 for a mention on a website for one week, to several thousand dollars for a larger scale online promotional package.

The only downside, apart from forking out hefty bundles of cash, is that these promotional packages don't let you see exactly how your title is doing. One company, RankTracer, allows you to see how your book is faring while simultaneously promoting and marketing it online - giving you the best of both worlds for a mere $2 per month.

If blogging about your book is the type of online promotion that works for you, you may be interested to hear about the embeddable Amazon sales ranks and graphs feature that RankTracer has recently added to its list of services.

It comprises of a unique html code snippet, which is automatically generated for each tracked book or any other product. This snippet will display a specific product's sales ranks, performance statistics, with a graph included. Another embeddable snippet displays your book's best sales rank along with an authentication link for verification. This allows you to show your readers exactly how well your book is selling, plus your shout out can be verified at the click of a button.

By way of example, take a look at this link: My Blog. It will help you visualise the displayed version of the code (the graph, stats and subsequent line about the 'best sales rank' are produced by Ranktracer for inclusion into your own blog, site and promotional material).

All that's required for RankTracer subscribers to achieve this, is a snippet copy and paste into any page that allows html. With the creation of such a code, avenues for personalised online book promotion are endless, plus sales ranks are neatly verified by the company. Remember too that the actual snippets provide direct links to the product in question allowing readers to purchase it at a click of a button.

If your book’s online sales could do with a boost or it simply needs tracking, why not visit the RankTracer website and let the leaders in sales tracking technology help you out.

No comments:

The Truth

Permohonan maaf saya beberapa waktu lalu ternyata menimbulkan reaksi yang beragam. Ada yang pro, namun lebih banyak yang kontra :) Intinya, saya dianggap tidak transparan karena tidak menjelaskan duduk permasalahannya di tulisan tersebut. Bahkan ada yang menuduh saya sengaja menutup-nutupi dan berusaha lari dari tanggung jawab. Saya memang sengaja mendiamkan saja dugaan-dugaan tersebut karena bagi saya ada yang lebih penting daripada sekedar memberikan klarifikasi, yaitu menyelesaikan masalah (dan calon masalah) yang ada itu sendiri.

Alasan lain adalah saya sudah pernah secara langsung menjelaskan permasalahan yang ada kepada orang-orang yang berhubungan dengan masalah tersebut sekitar 1.5 bulan lalu melalui live conference. Sehingga kurang pas aja kalau tiba-tiba saya bercerita panjang lebar di blog ini tentang suatu masalah kepada orang-orang yang tidak berhubungan langsung. Ditambah lagi, masalah tersebut berkaitan dengan suatu layanan yang dari awal tidak dibuka untuk umum (hanya bagi member CosaAranda.Biz saja), sehingga lingkup permasalahannya (termasuk orang-orang yang terlibat) sangat jelas.

Nah, pada saat kebanyakan kemudian sibuk mengartikan lain tindakan yang saya pilih, saya juga sibuk bergerilya menyelesaikan masalah tersebut. Baik dengan yang sudah terlanjur merasakan pahitnya, maupun dengan yang merasa sama sekali tidak ada masalah.

Namun gelombang reaksi yang makin keras dari dunia blogosfer menimbulkan banyak saran kepada saya untuk segera menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Termasuk dari mas Zalukhu sendiri, sebagai salah satu yang merasakan pahitnya masalah yang terjadi. Selain itu, juga sudah mulai ada oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan keadaan ini untuk lebih memanaskan situasi dan mengadu domba saya, mas Zalukhu, dan juga blogger-blogger yang lain.

Lalu, sebenarnya masalah apa sih yang terjadi?

Begini. Beberapa bulan lalu, saya berencana untuk membuka sebuah layanan web hosting yang murah tapi fitur berlimpah. Karena tidak ingin biaya yang dibebankan kepada pengguna nantinya membengkak, saya memilih untuk menggunakan server hosting (dedicated) yang harganya (sangat) terjangkau (dapetnya di forum DigitalPoint). Dan karena saya juga ingin belajar tentang sistem manajemen web hosting, maka saya memilih untuk tidak memperkerjakan admin dan mencoba menangani sendiri server hosting tersebut.

Pada awalnya semua lancar. Semua teman-teman dari CosaAranda.Biz yang mencoba server tersebut memberikan 4 acungan jempol atas perfomancenya. Saya pun kemudian membuka pendaftaran akun hosting tersebut khusus untuk member CosaAranda.Biz saja.

Masalah mulai timbul di bulan berikutnya.

Pemilik server tiba-tiba mematikan banyak fitur tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Termasuk hak untuk memasang situs file sharing, situs bokep, dan sebagainya. Padahal saat membeli, keberadaan fitur-fitur tersebut termasuk salah satu pertimbangan saya, dan saya juga terlanjur memposisikan layanan web hosting saya sebagai web hosting yang bersahabat dengan situs file sharing.

Ini disusul dengan kasus ter-suspend-nya akun Paypal saya yang tidak hanya mengakibatkan hilangnya lisensi atas hak sewa program billing web hosting yang saya gunakan, namun juga mengacaukan proses update CosaAranda.Biz dan hancurnya layanan money exchange saya.

Setelah itu semuanya seperti mimpi buruk.

Server hosting yang terus-menerus di DDOS. Pihak pemilik server yang justru mempersulit proses migrasi. Dan sebagainya. Dan sebagainya.

Satu dua pelanggan mulai gerah dan mempertanyakan kondisi server web hosting tersebut. Di sini kembali terjadi keanehan karena hampir setiap ada yang komplain, setelah saya cek ternyata gak ada masalah. Kesalahan saya, karena saya kekurangan waktu, saya tidak melakukan cross-check dengan pelanggan yang bertanya dan mengasumsikan bahwa masalah yang ada sudah teratasi.

Kenyataannya memang ada beberapa akun hosting di server tersebut yang tidak mengalami masalah sama sekali. Sayangnya itu hanya sebagian kecil saja.

Kisah selanjutnya mungkin sudah banyak yang tahu. Berita tentang layanan ini mencuat dan menjadi konsumsi publik. Dan bola pun bergulir sampai menyerempet hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan. Saya sendiri sampai kagum melihat perkembangannya :)

Kembali ke penjelasan di awal tulisan, saat ini saya sudah berusaha menyelesaikan segala urusan yang berhubungan dengan layanan web hosting tersebut. Memang 1.5 bulan lalu saya sudah memberikan penjelasan, dengan sedikit berharap bahwa masalah-masalah teknis yang ada pada server tersebut bisa segera teratasi. Namun kenyataannya tidak. Oleh karena pengembalian dana (refund) adalah jalan satu-satunya. Dan hingga saat artikel ini ditulis, sudah 90% pengguna layanan web hosting yang saya kembalikan dananya. Sisanya adalah mereka-mereka yang belum menjawab / belum menanggapi email tawaran refund yang saya kirimkan.

Saya tahu bahwa refund dan permohonan maaf tidak akan mengembalikan kerugian yang (mungkin) dialami oleh pengguna layanan web hosting yang saya miliki tersebut, namun semua yang terjadi adalah di luar kehendak dan kontrol saya, sehingga sekali lagi hanya dua hal itu yang bisa saya berikan.

Semoga penjelasan ini cukup jelas dan dapat menghentikan segala prasangka yang ada. Termasuk mengakhiri semua konflik yang ada dan mengembalikan suasana dunia blogosphere kita kembali menjadi damai dan tentram.

Oh iya, berhubung banyak yang menyinggung soal CosaAranda.Biz, perlu saya informasikan bahwa semua permasalahan yang berhubungan dengan layanan tersebut (yang disebabkan oleh disuspendnya akun Paypal saya) sudah pernah saya jelaskan dalam sebuah sesi live conference bagi seluruh anggota CosaAranda.Biz. Dalam pertemuan tersebut juga sudah didiskusikan alternatif solusi terbaik, paling tidak hingga akun Paypal saya dikembalikan.

Yang jelas, dalam kondisi seluruh dana CosaAranda.Biz tidak di tangan saya (semua ada di dalam akun Paypal saya yang tersuspend) dan sekarang layanan tersebut saya jalankan murni dengan menggunakan dana pribadi, CosaAranda.Biz sudah aktif kembali dan tidak pernah vakum dalam memberikan produk yang berhubungan dengan bisnis internet (meskipun untuk sementara waktu jumlah dan jenis produknya disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi saya :) ). Forum diskusi juga sudah kembali dibuka dan rencana pemberian video tutorial / workshop akan segera diimplementasikan.

Akhir kata, semoga penjelasan ini bisa menjadi akhir dari sebuah konflik yang sempat terjadi dan bukan menjadi pemicu dari konflik yang baru :)

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 4 September 2008. Artikel ini disponsori oleh LowonganPekerjaan.Net, situs penyedia informasi lowongan kerja terbaru. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi.

Recent Comments