Tugas Manajemen Pemasaran
1. Apa definisi pemasaran menurut Philip Kotler?
Pemasaran adalah suatu proses social yang memberikan kepada individu atau kelompok-kelompok apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk-produk dan nilai-nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
2. Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?
Manajemen Pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan, penerapan, dan pengawasan terhadap program-program yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi yaitu menciptakan laba yang maksimal.
3. Mengapa perlu ada kegiatan pemasaran dalam suatu industri?
Karena perusahaan perlu mengetahiui dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk / jasa tersebut.
4. Mengapa suatu strategi pemasaran memiliki arti yang sangat penting dalam dunia bisnis?
Karena dengan adanya suatu strategi pemasaran, unit bisnis diharapkan dapat mencapai sasaran-sasaran pemasarannya.Perusahaan dapat memilih salah satu dari 4 strategi pemasaran yang terdiri dari market leader, market challenger, market follower, dan market nicher, dengan memperhitungkan keputusan-keputusan dasar tentang pengeluaran, marketing mix, dan alokasi pemasaran.
5. Mengapa penentuan harga dijadikan salah stu dari elemen-elemen penting dalam marketing mix?
Karena elemen harga merupakan satu-satunya unsure dalam marketing mix yang mendatangkan penghasilan, sedangkan produk, tempat, dan promosi merupakan unsur yang menghasilkan biaya.
Penetapan harga merupakan masalah jika produk baru akan dipasarkan, dan jika terjadi kesalahan penetapan harga dapat menimbulkan masalah yang tidak diinginkan dalam jangka panjang.
Konsumen yang sensitive, sangat terpengaruh dengan tingkat harga, sehingga mempengaruhi keputusan mereka jadi atau tidaknya mereka membeli produk yang ditawarkan.
Oleh karena itu, dalam menentukan harga harus sangat hati-hati agar target pemasaran terpenuhi dengan baik.
6. Bagaimana siklus kehidupan suatu produk yang ada di pasaran?
Siklus kehidupan suatu produk di pasaran melalui 4 fase, yaitu:
Fase perkenalan
Pada fase ini produk baru diluncurkan. Perusahaan melakukan promosi dengan gencar sehingga biaya pemasarannya tinggi. Hal ini menyebabkan perusahaan mengalami break event point.
Fase pertumbuhan
Para konsumen mulai terpengaruh dengan promosi produk, sehingga penjualan meningkat pesat. Pada fase ini, promosi mulai berkurang dan harga cenderung diturunkan untuk mempertinggi volume penjualan.
Fase kedewasaan
Tingkat penjualan mengalami titik kulminasi dengan kecenderungan menurunnya tingkat penjualan.
Fase penurunan
Penjualan sebagian besar bentuk dan merek produk pada akhirnya mengalami penurunan baik lambat maupun cepat. Perusahaan Perlu menentukan dan menjalankan strtegi pemasaran baru, karena pelanggan mulai bosan dan beralih ke produk lain serta substitusinya.
7. Bagaimana seharusnya cara yang dilakukan perusahaan agar dapat memenangkan persaingan dengan perusahaan lain yang menawarkan produk sejenis?
Perusahaan harus melakukan diferensiasi, yaitu tindakan merancang serangkaian perbedaaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. Ada beberapa bentuk diferensiasi, yaitu:
Diferensiasi produk yang mencakup rancangan bentuk, keistimewaan, kinerja, kesesuaian, daya tahan, keandalan, kemudahan untuk diperbaiki,
Diferensiasi pelayanan terdiri dari kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan, dan lain-lain.
Diferensiasi personalia yaitu dengan mempekerjakan dan melatih orang-orang yang lebih baik dari pesaing.
Diferensiasi saluran melalui cara merancang saluran distribusi, terutama yang mencakup jangkauan, keahlian, dan kinerja saluran-saluran tersebut.
Diferensiasi citra perusahaan / merek di mata konsumen.
8. Bagaimanakah cara memodifikasi pasar untuk membentuk volume penjualan perusahaan?
Modifikasi pasar dapat ditempuh dengan cara:
Meningkatkan jumlah pemakai merek dengan cara menarik orang yang bukan pemakai, memasuki segmen pasar baru, dan memenangkan pelanggan pesaing dengan promosi yang gencar.
Meningkatkan volume pemakaian merek dengan cara mendorong konsumen untuk lebih sering menggunakan produk, dan menggunakan lebih banyak produk pada tiap peristiwa, serta menggunakan produk dengan cara yang lebih bervariasi.
9. Jelaskan perbedaan empat jenis industri berdasarkan jumlah keunggulan kompetitif yang tersedia dan ukurannya menurut Boston Consulting Group!
Jenis industri berdasarakan keunggulan kompetitif Boston Consulting Group:
Volume Industry adalah industri di mana perusahaan-perusahaan di dalamnya hanya dapat memperoleh sedikit keunggulan kompetitif tetapi berukuran cukup besar.
Stalemate Industry adalh industry yang di dalamnya hanya terdapat sedikit keunggulan kompetitif dan masing-masing berukuran kecil.
Fragmented Industry adalah industri di mana perusahaan-perusahaan di dalamnya memiliki banyak peluang untuk diferensiasi, tetapi tiap peluang memiliki keunggulan kompetitif yang kecil.
Specialized Industry adlah industry di mana perusahaan-perusahaan di dalamnya memiliki banyak peluang untuk diferensiasi, dan tiap diferensiasi dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi.
10.Jelaskan konsep-konsep yang terdapat dalam kegiatan pemasaran!
Konsep-konsep dalam kegiatan pemasaran:
Kosep produksi
Konsumen akan menyukai produk yang tersedia secara luas dan rendah harganya. Manajer-manajer perusahaan yang berorientasi pada produk akan mengkonsentrasikan pada pencapaian efisiensi produksi yang tinggi dan pencapaian cakupan distribusi yang luas.
Konsep produk
Konsumen akan menyukai produk yang memberikan kualitas dan prestasi yang paling baik.
Manajer-manajer yang berorientasi pada produk-produk i9ni akan mempokuskan energi pada pembuatan produk yang baik dan perbaikannya secara terus-menerus.
Konsep penjualan
Konsumen, apabila dibiarkan sendiri, biasanya tidak akan membeli banyak produk dari suatu perusahaan. Oleh karena ituperusahaan tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang gencar.
Konsep pemasaran
Kunci untuk mencapai tujuan perusahaan adalah pada penentuan kebutuhan dan keinginan dari pasarsasaran, dan pemberian kepuasan yang diinginkan dengan lebih efektif dan efisien daripada pesaing.
Konsep pemasaran social
Dalam konsep ini bukan hanya konsumen / pelanggan / perusahaan yang harus dipuaskan, tetapi juga masyarakat sekitar harus dipuaskan dalam jangka panjang.
11.Jelaskan tentang stategi pemasaran!
Stategi pemasaran adalah merupakan suatu logika pemasaran dan berdasarkan itu diharapkan unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pamasarannya.
Stategi pemsaran terdiri dari:
Pengambilan keputusan tentang biaya-biaya pemasaran dan dari pemasaran.
Unsur-unsur pemasaran ( bauran pemasaran ) dan alokasi pemasran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
12. Jelaskan tentang Marketing Mix!
Marketing Mix adalah campuran dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang dipergunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
Marketing Mix elements terdiri dari:
Produk
Segala sesuatu baik barang atau jasa yang dapat disampaikan ke dalam pasar atau konsumen akhir.
Harga
Mencakup daftar harga, potongan harga, penghargaan, jangka pembayaran, serta syarat kredit.
Promosi
Promosi merupakan alat untuk memperkenalkan produk kepada konsumen melalui berbagai media.
Tempat
Mencakup saluran pemasaran, liputan pemasaran, lokasi, persediaan, dan transportasi.