IKHLAS BERKARYA SUNGGUH MENGASYIKAN
Menjalani kehidupan berkarya dibidang pertelekomunikasian memang tergantung bagaimana kita menikmati dan mensikapinya, bagi saya asyik – asyik saja dan bersyukur telah diberi ruang dan tempat di dunia telekomunikasi.
Ternyata dunia telekomunikasi memang sangat luas dan sangat menarik untuk saya pribadi, dimulai hoby ngoprek peralatan telekomunikasi pada sekitar tahun 80an sampai pada akhirnya saya dipercaya menjadi karyawan di salah satu perusahaan telekomunikasi milik BUMN di Indonesia pada Mei 1987, woow keren . . . , bangga, bahagia dan sebagainya.
Tentu sangatlah tidak mudah seseorang untuk bisa mendapatkan tempat pada komunitas telekomunikasi ini, apalagi pada saat itu persaingan antar personal untuk mendapatkan tempat berkarya sangat banyak.
Berkarya ??? . . . Yah, apa yang harus saya karyakan?
Mulai dari menyiapkan diri merubah pola pikir, belejar terus belajar sampai menggali potensi apa yang ada pada diri saya yang tentu berkaitan dengan hoby pertelekomunikasian itu yang bisa dikembangkan pada diri saya.
Tanpa lelah belajar dan bekerja yang ini sungguh luar biasa pengaruhnya terhadap diri, yang mana menjadi kekuatan sangat besar untuk mendorong terus berkarya tanpa lesu, lelah dan banyak mengeluh.
Berbicara mengenai keluhan, yang saya sadari dan saya alami bahwa pada setiap keluhan ternyata menghabiskan power yang sangat besar sehingga jelas energipun banyak yang terbuang dan akhirnya lelah, lemas. Kalau itu yang terjadi maka bahaya, berkarya tidak akan sukses, meskipun pengertian sukses berbeda – beda menurut setiap orang. Tapi menurut saya orang sukses itu adalah orang yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, itu orang sukses.
Saya selalu ingin berusaha kesana karena saat ini saya belum banyak bermanfaat bagi diri saya pribadi dan orang lain terutama keluarga, yah harapan sebagai manusia tentu selalu menginginkan lebih. Tetapi paling tidak sampai sat ini saya dapat menikmati hidup dan menikmati karya saya sendiri khususnya pada tempat saya bertugas di dunia telekomunikasi, sambil terus berjuang, belajar, berusaha untuk berkarya.
Tanpa terasa perjalanan yang sangat panjang ditempat saya dipercaya berkarya untuk menjadi praktisi di bidang telekomunikasi ini sudah 21 tahun lebih.
Ilmu pengetahuan dibidang telekomunikasi pun yang di dapat sangatlah banyak karena teknologi telekomunikasi bergerak terus terjadi refolusi. Dikala ekonomi
Sehingga saya pun diberi kesempatan untuk menimba ilmu dari negeri orang, sehingga disamping ilmu pengetahuan yang saya dapatkan sayapun dapat mengunjungi ke beberapa negara di Eropa maupun
Semoga perusahaan ini tetap berdiri kokoh dan tegar dan memberikan manfaat serta maslahat pada banyak orang.
Asyik, nikmat rasanya tatkala kita ikhlas melakukan suatu tugas dan mengikhlaskan diri untuk berbuat kebaikan karena Allah dan alam pun telah dan sedang mencintai dan berbuat baik kepada kita.
Wasalam :
Hansipudin
KOMPETENSI DASAR MANAJEMEN
A. What is Management?
Pengertian Manajemen dari beberapa ahli:
ü Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
ü Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
ü Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
Fungsi-fungsi Manajemen:
1. Fungsi Perencanaan
proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Kegiatan fungsi ini meliputi:
Ø Menetapkan tujuan dan target bisnis
Ø Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
Ø Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
Ø Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
2 Fungsi Pengorganisasian
proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi. Adapun kegiatan fungsi pengorganisasian meliputi:
Ø Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
Ø Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
Ø Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
Ø Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
3. Fungsi Pengarahan
proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Fungsi ini meliputi kegiatan:
Ø Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
Ø Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
Ø Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
4. Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Adapun kegiatan ini antara lain:
Ø Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
Ø Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
Ø Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Perbedaan pandangan dalam Fungsi-fungsi Manajemen oleh beberapa ahli:
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah
2. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan
3. Manajemen Operasi/Produksi
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi
4. Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
5. Manajemen Informasi
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat
B. Keahlian-keahlian Manajemen (Managerial Skills)
- Keahlian teknis (Technical skills)
- Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarkat (Human Relation skills)
- Keahlian Konseptual (Conceptual skills)
- Keahlian dalam Pengambilan Keputusan (Decision Making-Skills)
- Keahlian dalam Mengelola Waktu (Time Management Skills)
Selain keahlian tersebut juga ditambah 2 keahlian tambahan, yaitu:
- Keahlian dalam Manajemen Global (Global Management Skills)
- Keahlian dalam hal teknologi (Technological Skills)
TIngkatan-tingkatan manajemen:
4 Steps to Business Survival
The answer is to innovate! Pure and simple. People are still buying products and services and if you can make your offer standout you will get business. You can innovate on quality or cost or a host of other factors to appeal to any specific target market. Just follow these 4 steps:
1 Study your target market, their behaviours, attitudes, like dislikes etc ask questions!
2 Decide how you can match one or more of their wants or needs
3 Test Market it to them
4 Return to step 1 and REFINE
You need to constantly refine your offering because customers now have the whip hand. They aren't begging for your product or service as they were during the boom!
You need to convince them to buy your offering from a host of "me to" offerings. The only way to do that is to match your customers needs. So in practice you don't talk about the features of your product or service, you talk about the benefits that the customer receives. Specifically you try to find a single point that you are better than the opposition at and you own that point. Perhaps your widget is smaller or bigger or prettier or plainer than the other guys, so that is the point you make.
Then rather than competing with everybody else's widget you start to split yourself away from the pack. So the people who start to call you are people who really care about (for example) small widgets! Then you have a real advantage!
Naturally you find the killer angle first time so you need to experiment! Which is why we recommend a 4 step process, which involves a lot of testing.
About the Author:
Mike Spratt
http://www.rapidbusinessgrowth.ie
marketing management - Google News
Wednesday, August 27, 2008
Presentation Tips
This is a list of Presentation tips that we have collected. Please contact us with any other tips that you have.
General
ALWAYS HAVE A BACKUP PLAN!! We do everything in our power to make sure that problems do not arise, but sometimes things go wrong. Try to have an "alternate no AV" lecture planned, if the system should go down.
Check out the room ahead of time. Before your first lecture, check out the room, and make sure it has everything you need. This will avoid unwanted surprises the first day of class.
Practice. If you have a complex presentation planned with several different multimedia, go to the room ahead of time and practice your presentation. We would be happy to meet you at the room and assist with any preparations or extra instructions.
Experiment and try new things. These rooms often have capabilities other than what most people use them for. Something as simple as playing a CD while students enter and exit often adds to the class. We would be happy to assist you in experimenting.
Invest in a laser pointer. They are inexpensive, and are extremely useful.
Convert 35mm slides to computer files. Kodak has discontinued manufacturing slide projectors. You can still use slides in rooms that currently have slide projectors. However, when the slide projector fails, it is unlikely that we will be able to repair or replace it. New AV installations will not include slide projectors.
Use color to influence mood and emotion. The colors for type, illustrations and backgrounds influence the way they are perceived. Here is a basic guide to using color in your presentations:
Red – excitement, alert
Green – growth
Yellow – confidence, warmth, wisdom
Purple – dignity, sophistication
White – professionalism, new, innocence
Blue – truth, trust, justice
Black – authority, strength
Orange – action, optimism
Brown – friendliness, warmth
Grey – integrity, maturity
Apply appropriate typestyles for readability. For hand-outs or take-home material print the paragraph copy in a serif typestyle. This style has been proven to be 30% easier to read. Type that is projected on a screen, using a slide, overhead or multimedia projector, should be in sans serif type. That’s because in the projection process letters lose some of their sharpness, and serif type can look muddy when projected.
This is "Times Roman." It is a serif type. Notice the tiny scrollwork on the ends of each letter.
This is "Arial." It is a sans serif type. It does not have the tiny scrollwork on the ends of each letter.
Include photographs to inject realism. The more true to life you make the issue you are presenting, the better your audience will understand and identify with it. Remember the impact you can add by using photos or video of people on location, using products or talking to the audience.
Insert illustrations to clarify or emphasize. If your topic is complex, an illustration lets you simplify the way it looks. Also, illustrations allow you to show exploded views or views normally not seen, such as interiors.
Document Camera
The Document Camera is one of the most versatile and often used devices. Using it correctly can greatly enhance a lecture.
Create your documents with big, simple fonts. Use the biggest fonts possible. Larger fonts are easier to read. Fonts without "serifs", like Ariel, are easier to read as well. 14 point or larger is recommended.
Use the Zoom feature. Zoom in so the words are as big and well-framed as possible. Avoid unnecessary white space or unused paper.
Move the paper around. Instead of zooming out so the entire paper is visible, zoom in to the current part, then move the paper as necessary.
Experiment. The document camera allows you to do many things that an overhead projector can't. Try putting the textbook under the camera. Bring in 3-dimensional objects and put them under the document camera. Using a blank transparency sheet or sheet of regular paper, write under the document camera. You can even use the document camera to display slides!
Microphones
Use the microphone! Even if you talk loudly enough, or it is a small room, use it! Students can't hear when you turn to the chalkboard or away from them. A mic will insure that you will always be understandable.
Place the microphone correctly. The top of the microphone should directly face your mouth. Place the microphone about 4-6 inches below your mouth, in the center of your chest. Try to avoid wearing chains or necklaces that can hit the microphone.
Use other microphones. If you are having a guest speaker, or a panel discussion, bring in additional microphones. Contact Classroom Media Support for assistance.
Computer Presentations
Use large fonts. On your Power Point presentation, use the biggest fonts realistically possible. Small fonts are hard to read.
Use contrasting colors. A dark background with light text is easily readable.
Use drop shadows. Adding drop shadows to text makes it more legible.
Avoid busy backgrounds. Keep the background simple. Too much in the background makes the text hard to read.
Avoid using red text. Red text is often hard to read.
AVOID ALL CAPS! All caps look like you're shouting.
Include a good combination of words, pictures, and graphics. A variety keeps the presentation interesting.
Display information by Progressive Building. Students respond well to gradually adding information.
Incorporate audio into computer presentations. All rooms have inputs for computer audio. Incorporate sound effects or audio clips into presentations.
Try not to rely on the Internet. If you are displaying web pages, download them before class and save them to disk. Network connections can be slow and unreliable at times.
Invest in a wireless mouse. It is helpful to be able to advance pages from across the room.
Experiment! The computer is an extremely powerful and flexible tool. There's no end to what it can do.
Videotapes
Always use the highest quality version possible. VHS videotape does not stand the test of time very well, and does not hold up over several generations of copies. Use the newest tape or recording possible, and avoid several-generation copies (a copy of a copy of a copy...). If taping a program off television, use the fastest tape speed (SP), and use the original version, not a copy. If making your own tape using a camcorder, try to use an external microphone and not rely on the built-in camcorder mic.
Permohonan maaf saya beberapa waktu lalu ternyata menimbulkan reaksi yang beragam. Ada yang pro, namun lebih banyak yang kontra :) Intinya, saya dianggap tidak transparan karena tidak menjelaskan duduk permasalahannya di tulisan tersebut. Bahkan ada yang menuduh saya sengaja menutup-nutupi dan berusaha lari dari tanggung jawab. Saya memang sengaja mendiamkan saja dugaan-dugaan tersebut karena bagi saya ada yang lebih penting daripada sekedar memberikan klarifikasi, yaitu menyelesaikan masalah (dan calon masalah) yang ada itu sendiri.
Alasan lain adalah saya sudah pernah secara langsung menjelaskan permasalahan yang ada kepada orang-orang yang berhubungan dengan masalah tersebut sekitar 1.5 bulan lalu melalui live conference. Sehingga kurang pas aja kalau tiba-tiba saya bercerita panjang lebar di blog ini tentang suatu masalah kepada orang-orang yang tidak berhubungan langsung. Ditambah lagi, masalah tersebut berkaitan dengan suatu layanan yang dari awal tidak dibuka untuk umum (hanya bagi member CosaAranda.Biz saja), sehingga lingkup permasalahannya (termasuk orang-orang yang terlibat) sangat jelas.
Nah, pada saat kebanyakan kemudian sibuk mengartikan lain tindakan yang saya pilih, saya juga sibuk bergerilya menyelesaikan masalah tersebut. Baik dengan yang sudah terlanjur merasakan pahitnya, maupun dengan yang merasa sama sekali tidak ada masalah.
Namun gelombang reaksi yang makin keras dari dunia blogosfer menimbulkan banyak saran kepada saya untuk segera menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Termasuk dari mas Zalukhu sendiri, sebagai salah satu yang merasakan pahitnya masalah yang terjadi. Selain itu, juga sudah mulai ada oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan keadaan ini untuk lebih memanaskan situasi dan mengadu domba saya, mas Zalukhu, dan juga blogger-blogger yang lain.
Lalu, sebenarnya masalah apa sih yang terjadi?
Begini. Beberapa bulan lalu, saya berencana untuk membuka sebuah layanan web hosting yang murah tapi fitur berlimpah. Karena tidak ingin biaya yang dibebankan kepada pengguna nantinya membengkak, saya memilih untuk menggunakan server hosting (dedicated) yang harganya (sangat) terjangkau (dapetnya di forum DigitalPoint). Dan karena saya juga ingin belajar tentang sistem manajemen web hosting, maka saya memilih untuk tidak memperkerjakan admin dan mencoba menangani sendiri server hosting tersebut.
Pada awalnya semua lancar. Semua teman-teman dari CosaAranda.Biz yang mencoba server tersebut memberikan 4 acungan jempol atas perfomancenya. Saya pun kemudian membuka pendaftaran akun hosting tersebut khusus untuk member CosaAranda.Biz saja.
Masalah mulai timbul di bulan berikutnya.
Pemilik server tiba-tiba mematikan banyak fitur tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Termasuk hak untuk memasang situs file sharing, situs bokep, dan sebagainya. Padahal saat membeli, keberadaan fitur-fitur tersebut termasuk salah satu pertimbangan saya, dan saya juga terlanjur memposisikan layanan web hosting saya sebagai web hosting yang bersahabat dengan situs file sharing.
Ini disusul dengan kasus ter-suspend-nya akun Paypal saya yang tidak hanya mengakibatkan hilangnya lisensi atas hak sewa program billing web hosting yang saya gunakan, namun juga mengacaukan proses update CosaAranda.Biz dan hancurnya layanan money exchange saya.
Setelah itu semuanya seperti mimpi buruk.
Server hosting yang terus-menerus di DDOS. Pihak pemilik server yang justru mempersulit proses migrasi. Dan sebagainya. Dan sebagainya.
Satu dua pelanggan mulai gerah dan mempertanyakan kondisi server web hosting tersebut. Di sini kembali terjadi keanehan karena hampir setiap ada yang komplain, setelah saya cek ternyata gak ada masalah. Kesalahan saya, karena saya kekurangan waktu, saya tidak melakukan cross-check dengan pelanggan yang bertanya dan mengasumsikan bahwa masalah yang ada sudah teratasi.
Kenyataannya memang ada beberapa akun hosting di server tersebut yang tidak mengalami masalah sama sekali. Sayangnya itu hanya sebagian kecil saja.
Kisah selanjutnya mungkin sudah banyak yang tahu. Berita tentang layanan ini mencuat dan menjadi konsumsi publik. Dan bola pun bergulir sampai menyerempet hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan. Saya sendiri sampai kagum melihat perkembangannya :)
Kembali ke penjelasan di awal tulisan, saat ini saya sudah berusaha menyelesaikan segala urusan yang berhubungan dengan layanan web hosting tersebut. Memang 1.5 bulan lalu saya sudah memberikan penjelasan, dengan sedikit berharap bahwa masalah-masalah teknis yang ada pada server tersebut bisa segera teratasi. Namun kenyataannya tidak. Oleh karena pengembalian dana (refund) adalah jalan satu-satunya. Dan hingga saat artikel ini ditulis, sudah 90% pengguna layanan web hosting yang saya kembalikan dananya. Sisanya adalah mereka-mereka yang belum menjawab / belum menanggapi email tawaran refund yang saya kirimkan.
Saya tahu bahwa refund dan permohonan maaf tidak akan mengembalikan kerugian yang (mungkin) dialami oleh pengguna layanan web hosting yang saya miliki tersebut, namun semua yang terjadi adalah di luar kehendak dan kontrol saya, sehingga sekali lagi hanya dua hal itu yang bisa saya berikan.
Semoga penjelasan ini cukup jelas dan dapat menghentikan segala prasangka yang ada. Termasuk mengakhiri semua konflik yang ada dan mengembalikan suasana dunia blogosphere kita kembali menjadi damai dan tentram.
Oh iya, berhubung banyak yang menyinggung soal CosaAranda.Biz, perlu saya informasikan bahwa semua permasalahan yang berhubungan dengan layanan tersebut (yang disebabkan oleh disuspendnya akun Paypal saya) sudah pernah saya jelaskan dalam sebuah sesi live conference bagi seluruh anggota CosaAranda.Biz. Dalam pertemuan tersebut juga sudah didiskusikan alternatif solusi terbaik, paling tidak hingga akun Paypal saya dikembalikan.
Yang jelas, dalam kondisi seluruh dana CosaAranda.Biz tidak di tangan saya (semua ada di dalam akun Paypal saya yang tersuspend) dan sekarang layanan tersebut saya jalankan murni dengan menggunakan dana pribadi, CosaAranda.Biz sudah aktif kembali dan tidak pernah vakum dalam memberikan produk yang berhubungan dengan bisnis internet (meskipun untuk sementara waktu jumlah dan jenis produknya disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi saya :) ). Forum diskusi juga sudah kembali dibuka dan rencana pemberian video tutorial / workshop akan segera diimplementasikan.
Akhir kata, semoga penjelasan ini bisa menjadi akhir dari sebuah konflik yang sempat terjadi dan bukan menjadi pemicu dari konflik yang baru :)
No comments:
Post a Comment